Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGAIMANA CARA NEGARA INDONESIA BISA MERDEKA


BAGAIMANA CARA NEGARA INDONESIA BISA MERDEKA
sumber foto : https://primaindisoft.com



Negara Indonesia telah terjajah kurang lebih 350 tahun yang di awali penjajahan oleh Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda. Namun pada akhirnya Belanda berhasil mengusir para pesaingnya dari Indonesia.

Lalu, kenapa kondisi kekuatan militer Indonesia saat itu sangat lemah ? ada beberapa kemungkinan :

1. Dulu negara Indonesia belum terbentuk dengan ideologi Pancasilanya, jadi kondisinya masih berbentuk kerajaan-kerajaan kecil dan masih saling perang. Pemerintahan yang berbentuk kerajaan kurang memperhatikan kesejahteraan rakyatnya terutama dalam bidang pendidikan. Rakyat sengaja dibuat kurang pintar, bila pintar di khawatirkan akan membangkang dan memberontak pada pemerintah atau kerajaan. Di buktikan dengan perjuangan R.A Kartini yang memperjuangkan hak wanita untuk memperoleh pendidikan yang saat itu wanita dilarang mendapatkan pendidikan seperti pria. Sebuah generasi akan pintar dan maju apabila ibu atau wanitanya juga pintar dan maju.

2. Kondisi alam Indonesia lebih baik dari negara-negara di Eropa. Kondisi alam negara Indonesia seperti di surga sedangkan kondisi alam di Eropa dingin dan kurang subur. Otak manusia akan berfungsi daya pikirnya apabila menemui kesulitan. Jadi kondisi alam dan kehidupan orang di negara Eropa lebih sulit jadi otak orang Eropa lebih pintar pada saat itu. Buktinya mereka jauh-jauh berlayar dengan kapal ke negara kita hanya untuk rempah-rempah dan bahan makanan. Kemudian otak mereka berfikir untuk membuat senjata yang lebih canggih untuk menyerang dan menjajah negara lain yang lebih subur.



Lalu usaha apa saja para pahlawan terdahulu untuk mengusir penjajah ?



1. Semua kerajaan yang ada di Indonesia pada saat itu pasti sudah berusaha keras berperang untuk mengusir penjajah. Namun apa daya kualitas persenjataan penjajah lebih canggih dan hanya berperang untuk kerajaannya sendiri.

2. Lelah di jajah terus menerus generasi pemuda yang mendapatkan pendidikan di sekolah Belanda yang berinisiatif membuat organisasi untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Yaitu organisasi Budi Utomo, organisasi yang diawali dr. Wahidin Soedirohoesodo yang berkeliling Jawa untuk melakukan sosisalisasi pentingnya pendidikan. Selain itu terdapat dana pendidikan untuk yang kurang mampu. Dana tersebut disebut dengan Studie Fond. Dan beberapa organisasi lain hingga momentum yang pas untuk melawan penjajah Belanda. Yang dibutuhkan negara Indonesia saat itu adalah suplai senjata.



Pada 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918 terjadi Perang Dunia ke 1 yang melibatkan negara-negara eropa. Namun tidak mempunyai efek apapun terhadap penjajahan Belanda ke Indonesia. Setelah Perang Dunia 1 usai perkembangan senjata militer kian pesat.

Pada 1 September 1939 terjadi Perang Dunia 2 yang melibatkan negara-negara Eropa dan negara di Asia Pasifik. Pada 15 Mei 1940 negara Belanda di serang dan jatuh ke Nazi Jerman namun tidak mempunyai efek apapun terhadap penjajahan Belanda di Indonesia, Belanda masih menjajah Indonesia walau negara asal mereka telah di hancurkan Nazi Jerman.

Di Asia Pasifik perang terjadi antara Jepang melawan Sekutu (Amerika, Inggris, Belanda). Kemudian Jepang menyerang Indonesia yang saat itu masih dijajah Belanda. Belanda pun kalah oleh Jepang yang ditandai dengan perjanjian Kalijati pada 8 Maret 1942 dan dimulainya penjajahan negara Jepang di Indonesia.

Melihat situasi dan kondisi penjajahan Jepang sangat berbeda dengan Belanda. Penjajahan Jepang lebih keras dan kejam. Salah satu contoh perlawanan rakyat terhadap penjajahan Jepang yaitu Makam Juang Mandor. Makam Juang Mandor merupakan situs sejarah di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia. Situs tersebut merupakan makam pembantaian kurang lebih 21.000 orang oleh tentara Jepang pada tahun 1943.

Melihat kabar tersebut, para elite politik di Jawa dan lainnya bersikap kooperatif dengan penjajah Jepang agar tidak bernasib sama dengan para pejuang yang ada di Kalimantan tersebut. Jepang pun mulai kalah perang dengan sekutu setelah kota Hiroshima dan Nagasaki di negara mereka di bom atom oleh Amerika.

Momentum ini di gunakan dengan baik oleh para elite politik Ir. Soekarno, Moch Hatta dan kawan-kawan pejuang untuk memproklamirkan Kemerdekaan. Setelah Proklamasi Kemerdekaan yang sangat dibutuhkan negara Indonesia adalah persenjataan dengan cara melucuti persenjataan tentara Jepang karena sudah kalah perang.

Sayangnya setelah berhasil memproklamirkan kemerdekaan perjuaan belum usai. Belanda kembali datang dengan persenjataan yang lebih canggih untuk menjajah kembali Indonesia.

Berperang menggunakan senjata hasil rampasan tentara Jepang tentunya tidak dapat mengimbangi perenjataan Belanda.Dengan berkembangnya telekomunikasi ada sebuah informasi tentang adanya ebuah negara super power lain yang menjadi rival Amerika dan sekutunya yaitu negara Uni Soviet. Akhirnya para elit politik Indonesia meminta dukungan persenjataan dari Uni Soviet dengan cara (rahasia saya tidak berani sebutkan karena sensitif) dan di kabulkan. Indonesia mendapatkan persenjataan canggih dari Uni Soviet dan berhasil memukul mundur pasukan Belanda hingga ke Papua.Melalui Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA), dunia internasional mengakui secara sah bahwa Papua adalah bagian Negara Indonesia tahun 1969. Akhirnya seluruh bekas jajahan negara Belanda di nusantara berhasil merdeka dan menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Allah SWT selalu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Termasuk negara Indonesia ini, mari kita cintai dan jaga sebagai tanda syukur kita dan meneruskan perjuangan para pahlawan.
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "BAGAIMANA CARA NEGARA INDONESIA BISA MERDEKA"