Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BISA SEMBUH DARI KANGKER MELALUI KEMOTERAPI


BISA SEMBUH DARI KANGKER MELALUI KEMOTERAPI 
sumber foto: www.serumpi.com

1. BAGAIMANA SAYA BISA SAMPAI MENJALANI PENGOBATAN KEMOTERAPI

2. APA SAJA YANG DILAKUKAN DALAM PENGOBATAN KEMOTERAPI ?

3. APAKAH ADA EFEK SAMPING DALAM PENGOBATAN KEMOTERRAPI ?


BAGAIMANA SAYA BISA SAMPAI MENJALANI PENGOBATAN KEMOTERAPI


        Awal mula saya sebelum divonis penyakit kangker di tenggorokan pada bulan April 2017. Pada saat itu saya mempunyai firasat buruk kurang lebih seminggu lamanya dan pada akhirnya ketika saya sedang makan siang di rumah, ketika saya sedang menelan makan, tiba-tiba ada sesuatu yang menggores dan melukai tenggorokan saya dan setelah saya makan dan benar pas saya cek dengan menggunakan cermin ada luka di bagian dinding belakang tenggorokan saya. Setelah kejadian itu saya hanya percaya bahwa luka itu pasti akan sembuh dengan sendirinya seperti sariawan dan saya berinisiatif banyak makan buah dan minum yang banyak. Setelah dua minggu luka saya belum sembuh juga. Saya berinisiatif untuk pergi ke Klinik dan di beri obat antibiotik. Sesudah satu bulan luka saya belum sembuh dan tidak ada perubahan dan pergi kembali ke Klinik dan hanya diberi obat anti biotik dan Dokter menyuruh saya untuk membeli obat kumur di luar Klinik dan muncul ide untuk membeli obat kumur ALBOTHIL dan bertanya ke Dokter apakah saya boleh menggunakan obat tersebut dan jawabanya BOLEH.

        Setelah satu hari berkumur dengan obat tersebut, luka saya malah bertambah besar seukuran kapsul namun perihnya hilang. Saya mengira luka saya telah sembuh ternyata tidak. Luka perih seperti sariawan kembali muncul keesokan paginya dan saya kumur lagi dengan obat ALBOTHIL. Luka perihnya hilang namun benjolannya bertambah besar seukuran ulat bulu dan perih lagi besok paginya. Saya memutuskan untuk meminta rujukan ke Dokter THT dari Klinik ke Rumah Sakit dengan asuransi BPJS Kesehatan. Di rumah sakit saya oleh Dokter kembali hanya diberi obat antibiotik dan tidak kunjung sembuh selama enam bulan saya berobat ke Rumah Sakit dan Dokter menyarankan saya untuk Biopsi atau oprasi pengambilan sampel daging luka saya pada bulan januari 2018 dan saya membaca berita bahwa obat ALBOTHIL ditarik ijin edarnya oleh pemerintah karena banyak keluhan pemakaian obat tersebut. Mengetahui berita tersebut saya sangat kesal dengan ALBOTHIL, gara-gara obat itu saya jadi sakit parah begini, tapi ya sudahlah saya ikhlas mungkin ini takdir saya.

        Kembali ke oprasi Biopsi ternyata hasil labnya hanya Tonsilitis Cronnic biasa, namun Dokter sepertinya kurang yakin dengan hasil tes terebut dan Dokter kembali membuat rujukan lagi ke Rumah Sakit yang lebih besar. Pada saat ini kondisi tubuh saya sudah sangat lemas karena adanya penyakit ini saya kesulitan dan kesakitan untuk menelan makanan dan berat badan saya yang semula 55 Kg menjadi 40 Kg.

Sesampainya di Rumah Sakit yang lebih besar di bagian THT, Dokter langsung melihat kondisi saya yang sudah sangat lemas, mulai bisu suara saya sudah serak seperti suara Pak Karni Ilyas dan memberitahu saya untuk oprasi pengangkatan total atau diambil semua benjolan. Pada saat oprasi ini saya dibius total atau sampai tidak sadar diri. Setelah sadar seperti biasa setelah sadar dari oprasi tidak boleh makan dan minum sampai buang angin,kencing dan BAB. Saya hanya boleh minum air dingin dan makanan dingin, saya langsung makan es krim dan minum air dingin ini anjuran Dokter harus saya lakukan sampai dua minggu dan saya harus mengambil hasil labnya dan ternyata hasilnya sel tersebut adalah sel tumor atau kangker dan saya harus menjalani Kemoterapi.



APA SAJA YANG DILAKUKAN DALAM PENGOBATAN KEMOTERAPI ?


        Setelah mendapat hasil lab dan harus Kemoterapi maka saya dirujuk ke bagian Dokter Onkology.Sebelum menjalani pengobatan Kemoterapi harus ada tahap-tahap atau tes kesehatan lain yang harus dilalui yaitu seingat saya pemeriksaan jantung, pemeriksaan oleh Dokter organ dalam dan cek darah. Setelah syarat terpenuhi maka saya mendapat jadwal untuk Kemo, ternyata jadwalnya pagi pukul 08.00 dan langsung ke kamar inap tidak perlu antri daftar lagi. Pengobatan Kemoterapi saya kira bakal di masukan ke alat canggih ternyata hanya di Infus biasa. Saya mendapat tiga botol obat Kemo dan dua botol infus cairan biasa. Proses infus berlangsung biasanya selesai sampai jam 13.30 dan hanya satu hari namun pasien lain ada yang Kemo sampai tiga hari. Dikamar inap saya bersama lima orang pasien lain yang juga menjalani Kemoterapi dan dengan jenis kangker yang berbeda pula, ada kangker payudara,kaki,hidung,leher dan penyebabnya macam-macam ada yang dulu sakit gigi dan asal minum obat abal-abal dan kemudian bengkak di leher, ada yang lagi main bola jatuh dan bengkak sampai di amputasi dan lain-lain. Efek yang saya alami pada saat Kemo yaitu ngantuk dan sering buang air kecil.



APAKAH ADA EFEK SAMPING DALAM PENGOBATAN KEMOTERRAPI ?


        Pada saat Kemoterapi saya juga diberi obat untuk diminum di rumah, lumayan banyak juga obatnya dan harus tepat waktu dan harus habis dalam seminggu. Efek samping mulai terasa saat sampai rumah yaitu rasa mual yang sangat parah tapi saya tidak sampai muntah. Rasa mual terasa kurang lebih dari saya sampai rumah jam 15.30 sampai saya tidur sampai jam 21.30. keesokan paginya rasa mual mulai mereda namun masih ada. Pada momen ini saya merasakan ada yang aneh dalam lidah saya, masakan Ibu saya terasa kurang garam setelah saya tambah garam masih kurang asin, lalu saya coba icip garam ternyata tidak terasa asin sama sekali. Kemudian saya mencoba mengetes rasa yang lain, manis, asam, pedas, pahit ternyata masih terasa, saya hanya tidak bisa merasakan rasa asin.

Keesokan harinya ketika saya akan BAB, saya kesulitan untuk mengeluarkannya ukurannya besar dan keras. Saya sampai ngeden kaya lagi angkat besi 100 Kg dan sampai keringat bercucuran. Susah BAB hanya terjadi setelah Kemo pertama saja. Kemudian setelah dua minggu rambut saya mulai rontok dan saya memutuskan untuk cukur gundul saja dari pada rontok ngotorin kasur dan lantai ya mending botakin aja deh. Pada Kemo ke dua saya mual hebat dan memuntahkan sesuatu tapi ga keliatan, seperti ada yang keluar besar dan tak terlihat dari mulut saya, saya sampai tidak bisa bernafas kurang lebih selama sepuluh detik, entah itu sihir atau efek Kemo tapi setelah kejadian itu suara saya yang seperti Pak Karni Ilyas kembali normal.

        Kemoterapi yang diberikan Dokter kepada saya sebanyak enam kali selesai dalam jangka waktu kurang lebih enam bulan. Jumlah Kemo tiap pasien berbeda-beda, ada yang enam kali dan ada yang dua belas kali dan harus selesai dan tepat waktu. Apabila pasien sudah Kemo sebanyak tiga kali namun merasa sudah sehat dan ingin berhenti Kemo tetapi oleh Dokter wajib Kemo sebanyak enam kali, itu tidak dibenarkan! Ikuti saja kata Dokter, harus selesai enam kali. Bila berhenti Kemo seenaknya dan tidak selesai , nanti apabila Kangker tersebut kambuh maka dosis obat Kemo yang akan diberikan akan bertambah banyak. Semula enam kali berubah menjadi dua belas kali, itu sih kata perawat ,untuk detailnya lagi kurang paham.

        Saya menjalani pengobatan Kemoterapi selama enam kali dan ketika saya sudah enam kali Kemo, saya di cek kesehatan lagi, cek darah dan USG, wajib kontrol ke RS sebulan sekali selama setahun. Alhamdulilah berkat Allah SWT, doa orang tua, saudara dan teman-teman, saya bisa sembuh dari Kangker Tenggorokan dengan menjalani pengobatan kurang lebih selama 18 bulan.

        Pesan saya sih usaha kita kalau mau sembuh dari sakit, yaitu usaha dan doa. Usahanya berobat ke Dokter jangan ke Alternatif, kalau berobat ke Alternatif obatnya belum teruji nanti malah kangkernya tambah parah dan nyebar kemana-mana. Percaya deh jumlah pasien sembuh dari Dokter itu lebih banyak daripada altenatif. Ikuti anjuran Dokter, biasanya Dokter memberikan tips makanan yang dilarang untuk dikonsumsi.

1. tidak merokok

2. tidak makan makanan yang pengolahannya dengan cara dibakar, sate, ayam bakar.

3. jungfood (mengandung MSG dan pengawet, makanan kaleng)

4. minuman saset yang pakai pemanis buatan (siklamat,sakarin)


        Doa, mintalah doa ke pada Allah agar sembuh dan minta bantuan orang tua, saudara dan teman mendoakanmu supaya sembuh.

Jangan remehkan doa ya dan semangat jalani hidup yakin pasti sembuh.
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "BISA SEMBUH DARI KANGKER MELALUI KEMOTERAPI"