Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GIMANA SIH RASANYA BEKERJA SEBAGAI OJEK ONLINE



GIMANA SIH RASANYA BEKERJA SEBAGAI OJEK ONLINE
Sumber foto : kompas.com

1.BAGAIMANA AWAL MULA BERGABUNG OJEK ONLINE

2. BAGAIMANA PENDAPATAN OJEK ONLINE

3. SUKA DUKANYA BEKERJA SEBAGAI OJEK ONLINE



BAGAIMANA AWAL MULA BERGABUNG OJEK ONLINE

Awal mula saya bergabung ke ojek online yaitu pada bulan Oktober 2018. Sebelumnya pada saat itu saya telah sembuh dari sakit parah dan mencoba untuk bangkit menjalani hidup ini dan lowongan yang masih terbuka sangat lebar yaitu ojek online. Orang tua sempat khawatir jika saya bekerja sebagai ojek online karena menurut mereka pekerjaan ini membutuhkan tenaga dan stamina yang lebih dibanding pekerjaan lain. Tapi ya gimana lagi dicoba dulu bergabung lagi pula sistem kerjanya fleksibel mau hari ini mau kerja atau ga terserah dan sambil cari pekerjaan tetap juga dari pada nganggur kalau sudah dapat pekerjaan tetap kan ojek online jadi bisa buat pekerjaan sampingan buat nambah penghasilan.

Cara daftarnya pun sangat mudah. Tinggal daftar online diwebsite resminya dan lengkapi persyaratannya. Persyaratannya cukup mudah yaitu:

1. Motor

2. STNK

3. KTP

4. SIM

5. SKCK

6. Kartu keluarga

7. Buku tabungan

8. Surat keterangan sehat bila usia lebih dari 50 tahun

Pastikan semua data masih aktif

        Jika sudah mendaftar tinggal nunggu undangan via SMS. Ketika sudah mendapat undangan tinggal datang saja ke lokasi pendaftaran dan bawa semua persyaratannya dan harus asli semua. Setibanya di lokasi akan di berikan formulir dan isi semua data, kemudian pemeriksaan fisik motor kemudian tes mengendari motor. Tes mengendarai motor kurang lebih sama seperti tes mengendarai pada saap pembuatan SIM, hanya saja tes ini kita harus memboncengi seseorang. Setelah kita diberi traning dan ada tes pilihan gandanya tesnya lewat aplikasi juga ternyata. Setelah lulus semua sesi barulah proses aktivasi akun, prosesnya hanya pemeriksaan data, upload foto driver dan top up saldo pengemudi sebesar Rp 200.000. Akun sudah di proses kemudian pembagian atribut yaitu 2 helm dan 2 jaket, atribut tersebut tidak gratis loh, driver harus mencicil setiap hari sebesar Rp 10.000 di potong melalui saldo pengemudi selama 50 hari. Akun pun sudah aktif dan driver pun siap menerima orderan.

BAGAIMANA PENDAPATAN OJEK ONLINE

        Banyaknya pendapatan driver tidak bisa di perkirakan, misal hari ini dapat segini pasti besok dapat lebih banyak. Bisa iya bisa juga tidak, semua orderan seperti jatuh dari langit ga bisa ditebak kapan dan dimana orderan itu ada. Pada saat traning di jelaskan juga bahwa driver merupakan mitra kerja, yang namanya mitra ya bagi hasil. Sistem bagi hasil dengan skema 80% untuk mitra dan 20% untuk pihak aplikasi. Dengan kata lain bila driver mendapat orderan dengan harga Rp 10.000 maka bagi hasilnya Rp 8.000 untuk driver dan Rp 2.000 untuk pihak aplikasi. Hari pertama saya bekerja di ojek online saya mulai pagi pukul 06.00 dan pulang pukul 17.00 dengan memperoleh penerimaan dari custumer Rp 100.000 saya sih sudah bersyukur dapat segitu dan seterusnya saya kerja sampai malam hari jam 21.00 pulang kerumah, tetapi setelah sekian lama saya mulai menghitung berapa biaya yang di keluarkan, ternyata banyak juga. Berikut rumus penghitungannya.


GIMANA SIH RASANYA BEKERJA SEBAGAI OJEK ONLINE



        Makan dan minum saya patok Rp 50.000 untuk pagi sampai malam dengan deskripsi sebagai berikut:
Sarapan pagi misal 10.000, makan siang diwarteg atau warung padang 15.000, makan malam mau di warteg lagi atau nasi goreng 13.000 total untuk makan aja 38.000. untuk minum 5000 untuk 1 botol aqua ukuran 2 liter. Sisa 7000 biasanya untuk parkir yang tidak ditanggung pelanggan. Terkadang dapat orderan makanan atau paket di Mall namun pelanggan lupa bayar atau tidak mau bayar, itu sih pasti ada aja 1 atau 2 pelanggan, kalau masih ada sisa bisa buat beli es doger hehehe. Jangan sampai kurang minum, ada sebagian rekan driver yang meremehkan minum air putih akhirnya ginjal mereka akhirnya bermasalah.

        Kalau bensin sih ga tentu habis segitu ya saya rata-rata saja. Biasanya kalau kerja dari pagi sampai sore bensin habis 20.000 kalau nyambung terus sampai malam bisa sampai 30.000 bahkan lebih tergantung total jarak juga sih. Jarak tempuh dalam sehari semalam bisa sampai 200-250 Km.

        Biaya servis dan onderdil jangan sampai tidak di hitung ya. Motor juga butuh perawatan, motor yang dipakai kerja untuk ojek online kinerja mereka sangat extra berat maka perawatannya pun juga harus extra. Kasihan motor kalau perawatannya kurang , motor akan cepat rusak dan kalau tingkat kerusakannya sangat parah biaya perbaikannya pun akan lebih besar. Kurang merawat motor juga bisa membahayakan nyawa driver, misal kampas rem dan ban sudah botak namun tidak di ganti mungkin akan menimbulkan kecelakaan.

        Jangan lupa service dan ganti oli teratur, ganti oli jika sudah melewati 2000 Km. Contohnya saya dalam sehari saya bisa menempuh 200-250 Km maka saya perkiraan ganti oli setelah 10 hari kerja dengan kata lain ganti oli motor tiap 2 minggu dan service sebulan sekali. Begitu juga dengan ban, biasanya penggunaan biasa ban bisa sampai lebih dari 1 tahun maka jika digunakan untuk ojek online , ban hanya bisa bertahan 7 sampai 8 bulan.

        Potongan 20% untuk jatah aplikasi tergantung besarnya penerimaan tarif dari pelanggan atau jumlah argo. Seperti yang di jelaskan pada gambar di atas. Jumlah argo 150.000 maka saldo pengemudi yang akan di ambil oleh pemilik aplikasi yaitu 30.000. Terkadang kita senang ketika mendapat tarif yang besar namun seketika lesu teringat bahwa tarif tersebut harus di potong 20% dan kita dapat sisanya.

        Jumlah pendapatan tergantung Allah SWT dan seberapa keras si driver bekerja. Biasanya sih makin capek kerja makin banyak pendapatannya. Dulu pendapatan kotor sebelum pandemi, masih ada bonus 200.000 kalau tutup poin, bisa dapat 400.000 sampai 500.000 itu pun kerja seperti robot mulai kerja jam 06.00 sampai 23.59, 18 jam kerja (double shift). Pendapatan bersih ojek online sebelum pandemi 3 sampai 4 juta perbulan, namun ketika pandemi datang penghasilan driver sekitar 1 jutaan perbulan.

SUKA DUKANYA BEKERJA SEBAGAI OJEK ONLINE

        Sukanya kerja sebagai ojek online , kerjanya fleksibel, tidak terlalu tertekan, bisa jalan-jalan ke berbagai tempat atau bisa dikatakan touring yang dibayar, bisa tau karakter banyak orang, bekerja sambil wisata kuliner juga bisa. Tambah senang jika kita telah memberikan pelayanan yang maksimal dan kemudian dikasih tip.

        Dukanya bekerja sebagai ojek online, bukan capek yang buat kita tidak senang, tapi perlakuan beberapa customer yang menganggap rendah terhadap ojek online. Ada juga customer yang curang dengan tarif, tujuannya ke E tapi titik tujuannya hanya sampai di huruf C. Terkadang ada customer yang asal kasih bintang 1, makanannya yang dia beli kurang enak tapi yang dikasih bintang 1 malah drivernya alhasil dapat suspend beberapa jam, bisa sampai 5 jam tidak dapat menerima orderan makanan. Dapat orderan penumpang tapi penumpangnya modus mau nyopet, ngerogoh-rogoh kantong.

        Ada juga orderan penumpang tapi penumpangnya kurang peduli dengan driver contohnya minta di jemput di depan ojek pangkalan, entah dia memang tidak tau atau ga mau tau, seharusnya kalau mau order ojek online jangan dekat ojek pangkalan, selain abang ojolnya bisa di gebukin sama ojek pangkalan ada juga tidak enak hati ambil orderan wilayah mereka,pendapatan mereka juga turun setelah ada ojek online, ojek pangkalan juga butuh privasi wilayah untuk bertahan, wajar sih ojek pangkalan galak ke ojek online, kalau ga gitu nasib mereka tambah susah. Tapi sekarang ojek online dan ojek pangkalan sudah paham dan buat perjanjian. Sekarang kalau dapat orderan makan dan barang ojek pangkalan juga sudah toleransi. Kalau menurunkan penumpang dekat ojek pangkalan ga masalah tapi kalau ambil penumpang ya pasti dapat masalah.

Kurang lebih itu saja pengalaman yang bisa saya bagi. Apapun pekerjaannya syukuri dan jalani dengan sebaik mungkin. Kalau ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar ya.

Terima kasih salam satu aspal
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "GIMANA SIH RASANYA BEKERJA SEBAGAI OJEK ONLINE"