Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA




MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA
Sumber foto : https://www.dw.com/id/turki-kerahkan-panser-leopard-ke-suriah-pemerintah-jerman-dikecam/a-42282447



Indonesia merupakan negara yang indah, subur, dan kaya. Sudah sewajarnya kita sebagai warga negara harus menjaganya. Apakah anda berfikir saya kan bukan tentara ngapain juga mikirin perang. Anda mungkin memang bukan tentara tapi jika negara kita diserang, semua yang bukan tentara pasti akan jadi tentara.

Di sini saya akan menganalisa tentang

1. Berapa jumlah alutsista negara Indonesia ?

2. Pantas kah jumlah tersebut jika dibandingkan dengan jumlah luas daratannya ?

3. Mampukah armada kita menahan serangan militer dari negara lain ?

Sebagian data diambil dari

www.globalfirepower.com

https://travel.detik.com/travel-news/d-5262317/luas-wilayah-indonesia-lengkap-daratan-dan-lautan

BERAPA JUMLAH ALUTSISTA ANGKATAN DARAT

Yang namanya perang pasti pakai senjata, kita wajib tau berapa banyak persenjataan milik angkatan darat.

1. Jumlah personel sekitar 400.000

2. Tank 313

3. Kendaraan lapis baja 1178

4. Meriam gerak sendiri 153

5. Meriam 366

6. Peluncur roket 36

Jumlah personel 400.000 itu adalah jumlah keseluruhan tentara angkatan darat, laut dan udara. Dalam perang modern sih tidak terlalu penting jumlah personel yang banyak. Yang penting adalah banyaknya senjata dan seberapa canggih senjatanya. Dalam perang modern ini kita harus berfikir cerdas, jangan asal berani perang dan berani mati. Masih perang dengan modal bambu runcing ? itu sih sangat memalukan, para pahlawan di alam kubur akan nangis darah kalau tau bahwa kita berperang dengan cara yang sama dengan mereka. Tidak ada perubahan gitu ?

Jumlah Tank 313. Dari jumlah tersebut yang tergolong sangar hanya 103 unit yaitu Tank Leopard 2 dengan meriam kaliber 120mm dan bobot mencapai 60 ton. Membuat tank ini mempunyai daya gentar yang tinggi. Tank ringan scorpio yang berjumlah 90 unit dengan berat 9 ton. Tank AMX 15, dengan canon 105 mm dan berat 14 ton. Tank tersebut sudah sangat tua di datangkan ke Indonesia awal tahun 1960 sebanyak 400 unit dan tersisa 300an yang masih bisa beroperasi. Tank AMX 15 seharusnya sudah di museumkan.

Kendaraan lapis baja sebanyak 1178. Jumlah yang sangat sedikit bila dibandingkan jumlah tentaranya. Rata-rata kendaraan bisa memuat 8 personel, jika digunakan total untuk tempur 1178 x 8 = 9424 personel yang bisa terangkut. Memang sih Indonesia banyak hutan dan gedung untuk tempat persembunyian, tapi kan tentara juga butuh kendaraan lapis baja untuk mobilisasi mereka ke tempat yang lebih jauh dengan aman dalam lapis baja.

Kalau untuk meriam dan peluncur roket punya kita banyak yang jasul juga hanya beberapa yang canggih yang bisa masukan koordinat GPS untuk sasarannya, seperti Caesar, Paladin dan Astros sisanya pakai hitungan manual ala perang dunia ke 2.



PANTASKAH JUMLAH TERSEBUT UNTUK MENJAGA LUASNYA DARATAN INDONESIA

Ya pasti 100% tidak pantas. Luas daratan negara Indonesia yaitu 1.919.440 km² yang terbagi menjadi 34 propinsi.



MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA
Coba anda bayangkan misal daerah seluas propinsi jawa tengah hanya dijaga 11765 tentara , 9 Tank, 35 kendaraan lapis baja, dan lain-lain. Pasti sangat rapuh dan gampang sekali untuk di lumpuhkan. Tapi kalau alutsista darat seperti Tank untuk geografis seperti di Indonesia tidak terlalu penting karena banyak tempat persembunyian. Yang kita perlukan alutsista udara dan laut karena jika perang di darat rakyat masih bisa ikut bantu perang tapi kalau perang di udara dan laut rakyat hanya bisa bantu dengan doa. Seharusnya alutsista udara dan laut kita yang di prioritaskan. Perbanyak pesawat dan kapal yang membawa persenjataan canggih.


Indonesia negara yang luas wilayah lautnya namun armada lautnya sangat memprihatinkan, berikut datanya.


MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA 

 Menurut saya kapal induk pesawat tempur tidak terlalu penting karena kita bukan negara agresor yang hobi ngacak-ngacak negara lain. Biaya operasional kapal induk juga besar dan rawan kecelakaan pesawat ketika akan mendarat di kapal induk. Indonesia masih banyak pulau untuk dijadikan pangkalan dan landasan udara. Kapal destroyer bisa diganti dengan modifikasi pulau yang strategis dan di pasangi alat senjata ala kapal destroyer. Jadi pulau yang di pasang senjata dan radar, senjatanya pun harus lengkap mulai dari roket anti kapal dan roket anti pesawat.



MAMPUKAH NEGARA KITA MENAHAN INVASI MILITER NEGARA LAIN

Kalau prediksi perang melawan negara tetangga se ASEAN sendiri sih kemungkinan tidak terjadi dalam waktu dekat tapi yang di khawatirkan yaitu invasi militer China ke ASEAN. Kalau itu terjadi Indonesia sudah pasti kalah, karena militer mereka saat ini 30x lebih kuat dari Indonesia. Amerika saja sudah pasang badan kalau lawan militer selanjutnya adalah China. Berikut saya tampilkan perbandingan armada laut dan udara antara militer Indonesia dengan China.



MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA
armada udara dan laut
MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA


Secara data kita pasti kalah, entah kenapa armada militer kita sangat lemah berdasarkan luas wilayah. Jangan bandingkan dengan singapura dan malaysia karena luas negara mereka lebih kecil bandingkan dengan luas negara yang sama. Coba armada Indonesia dibanding dengan India, itu lebih cocok karena luas wilayahnya mirip. Mungkin karena pemimpin terdahulu merasa santai dan leye leye jadi alutsista kita jadi sangat kurang jumlah dan power karena yang jadi bahan perbandingan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapur yang luas wilayahnya tidak selevel dengan Indonesia. Semoga alutsista negara kita cepat meningkat dan jangan sampai kita diserang negara lain dan dijajah lagi. AMIN



WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "MENGUKUR KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA"