Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MERAWAT ANAK BAYI YANG SUMBING LANGIT

CARA MERAWAT ANAK BAYI YANG SUMBING LANGIT
Sumber foto : sehatq.com

        Memperoleh keturunan adalah anugrah yang sangat besar dari Allah SWT. Namun takdir semua manusia didunia ini berbeda-beda dan semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penuh perjuangan seorang Ibu mengandung kurang lebih 9 bulan dan menantikan anaknya yang dikandungnya lahir ke dunia. Namun ketika bayi yang dilahirkannya memiliki sedikit kekurangan pasti ada sedikit perasaan sedih. Semua sudah takdir dari Allah SWT kita sebagai hambanya wajib menjalaninya dengan baik dan rasa syukur. Beberapa kasus kelahiran bayi lahir dengan mulut sumbing dan sumbing langit. Banyak faktor yang yang mempengaruhi hal tersebut mulai dari faktor genetik ataupun kebiasaan buruk bayi. Pengalaman saya yang memiliki anak yang terlahir sumbing langit ketika saya punya firasat tentang bayi yang didalam kandungan istri saya  bahwa anak saya didalam kandungan sedang ngemut tangan dan menyebabkan sobek dan luka dibagian langit mulutnya dan pas lahir firasat itu benar. Perasaan campur  aduk senang dan sedih melihat nasib anakku ini dan membayangkan jika aku jadi dia. Menurut Dokter bayi yang terlahir sumbing tidak boleh langsung dioperasi, minimal 1 tahun sumbingnya boleh di operasi. Kalau tidak ditutup sumbingnya pasti ada kesulitan pada anak tersebut dalam minum dan makan. Berikut kesulitan dan beserta solusinya merawat dan menyayangi bayi yang terlahir sumbing langit.

1. KESULITAN MENGHISAP LANGSUNG PUTING SUSU IBUNYA

        Kesulitan dalam menghisap langsung dari puting susu Ibunya pasti akan dialami bayi yang terlahir dengan sumbing langit. Kesulitan menghisap susu harus segara diatasi agar bayi tidak kekurangan cairan. Jika bayi kekurangan cairan akan mengganggu kesehatan dan pertumbuhan bayi selalu konsultasi ke Dokter mengiangat kondisi sumbing masing masing bayi berbeda. Lalu setelah konsultasi ke Dokter bahwa anak saya harus pakai dot dengan desain khusus yaitu dot dengan bentuk gepeng dan lubangnya harus diperbesar agar susu dengan mudah menetes danbayi mudah minum susunya. Posisi badan dan kepala bayi pada saat minum susu harus agak lebih tegak agar air susu tidak masuk ke ruangan hidung. Bayi wajib hanya minum susu sampai umur 5-6 bulan. Ketika umur bayi sudah berumur lebih dari 5 bulan boleh diberi makan selain ASI atau susu formula namun pemberiannya tidak boleh rutin atau hanya sepintas saja dan makanan yang encer.

2. KESULITAN MENELAN MAKANAN

        Kesulitan menelan makanan juga akan di alami anak ketika usia lebih dari 6 bulan. Dulu ketika anak saya sedang makan bubur beras, bubur masuk keatas ke ruangan hidung lalu solusinya adalah membuat bubur bayi yang lebih encer agar anak mudah menelan dan selesai makan beri air minum agar mulut bersih dan oles madu dibibirnya karena madu memliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh. Buatlah makanan untuk bayi dengan tekstur lembut mulai dari nasi, daging dan sayur wajib dicincang kecil-kecil sampai tibanya waktu oprasi sumbing pada usia 1 tahun. 


Oprasi sumbing langit tidak boleh terlalu cepat dan tidak boleh terlalu lambat. Saya sih belum tau kenapa tidak boleh terlalu cepat itu Dokter yang tau tapi Dokter pernah menjelaskan jika terlambat oprasi sumbing misal baru oprasi usia lebih dari 2 tahun akan mengganggu perkembangan anak dalam berbicara. Saya kira oprasi sumbing langit dilakukan oleh Dokter THT ternyata operasi sumbing langit anak saya pada waktu itu dilakukan oleh Dokter Bedah Plastik. Kondisi fisik dan kesehatan anak harus terpenuhi sebelum melakukan operasi sumbing langit, berat tubuhnya harus ideal, saya lupa berat idealnya. Setelah operasi Dokter memberikan beberapa anjuran, saya agak lupa anjuran lengkapnya tapi salah satunya yaitu 

selama seminggu tidak boleh makan dan hanya boleh minum dan minum pun harus dingin, air putih dingin dan susu pun harus dingin, minum madu, putih telur rebus yang di haluskan dan disuapkan dalam kondisi dingin jumlahnya 1 sendok makan saja.

Anak tidak boleh memasukan jari ke dalam mulut.

Setelah 1 minggu setelah operasi harus kontrol lagi cek ke Rumah Sakit dan disitu Dokter yang memutuskan apakah sudah bokeh makan bubur atau belum. Ternyata baru boleh makan bubur encer yang dingin dan makan es krim untuk 3 hari kedepan dan setelah itu boleh makan makanan biasa tapi tetap tidak boleh keras selama 1 bulan setelah operasi.

Setelah semua kondisi anak normal tugas orang tua mengajari anak berbicara dengan benar. Jika suara anak menjadi sunggau orang tua tidak boleh ikut ikut harus diajari memperbaiki cara berbicaranya terus menerus.

        Berikut sedikit cerita pengalaman saya. Sayangi anak Anda dengan sepenuh hati karena dia adalah titipan ALLAH SWT dan ajari anak agar menjadi anak yang soleh dan solehah. Karena doa seorang anak yang beramal soleh dapat menolongmu di akhirat nanti.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "CARA MERAWAT ANAK BAYI YANG SUMBING LANGIT"