Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI

1. KAPAL SELAM CHANGBOGO CLASS

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI
sumber foto : liputan6/Dian Kurniawan

KRI Alugoro 405 merupakan kapal selam pertama buatan Indonesia, tepatnya dibuat oleh PT PAL Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan yaitu Daewoo Shipbuilding dan Marine Engginering (DSME). Kapal selam tersebut di resmikan oleh  Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto pada 17 Maret 2021. Kapal selam Alugoro memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan kurang lebih 21 knot dibawah air, diawaki 40 kru dan mampu berlayar lebih dari 50 hari.

2. TANK HARIMAU HITAM

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI
sumber foto : pindad.com

Tank Harimau Hitam merupakan kasil kerjasama antara PT Pindad Indonesia dengan FNSS Turki. Tank ini tergolong medium tank dengan berat 32 ton, dipersenjatai canon 105mm dengan pengisian otomatis dan diawaki 3 kru yaitu komandan, penembak dan pengemudi.

3. KAPAL FREGATH RE MARTADINATA CLASS

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI
sumber foto : www.indomiliter.com

KRI R.E Martadinata 331 merupakan fregat kelas sigma yang dibangun oleh Damen Schelde Naval Shipbuilding Belanda dengan PT PAL Indonesia. Panjang kapal ini 105,11 meter , lebar 14,02 meter dengan berat 2365 ton. Kapal ini mampu berlayar dilaut lepas selama 20 hari, kecepatan maksimum 28 knot dan menampung 122 orang awak.

4. KAPAL LPD KRI Makasar

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI
sumber foto : www.hobbymiliter.com

KRI Makasar  adalah sebuah kelas Kapal LPD buatan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering(DSME), Korea Selatan dan PT PAL Indonesia berdasarkan lisensi dari DSME Kelas ini merupakan Kelas yang dirancang sebagai kapal LPD (Landing Platform Dock) atau kapal yang mempunyai platform docking dan undocking untuk mengoperasikan LCU. Kapal dengan berat 8400 ton, panjang 125 meter, lebar 22 meter dan tinggi 56 meter diawaki 126 kru. Kapal ini difungsikan untuk angkut pasukan dan kendaraan tempur.

5. RANPUR SANCA PINDAD

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI
sumber foto : www.nkrigaruda.blogspot.com

Kendaraan tempur sanca merupakan kendaraan anti ranjau. Kendaraan ini hasil kerjasama antara PT Pindad Indonesia dengan Thales Australia berdasarkan basic kendaraan Bushmaster. Dalam produksi kendaraan militer ini, Thales Australia sebagai pemegang resmi desain dasar dari Sanca. Sementara Pindad menghasilkan Sanca yang disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia. Ranpur Sanca ini dapat mengangkut 12 personel yang sudah dilengkapi RCWS kaliber 12,7 mm. Ranpur Sanca ini dapat menahan ledakan ranjau sampai sekelas 8 kg.

6. PANSER COBRA 8x8 PINDAD

DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI
sumber foto : www.100kpj.com

Panser Cobra 8x8 merupakan hasil kerjasama antara PT Pindad Indonesia dengan Excalibur Army dari Czechoslovakia. Panser Cobra diperuntukan angkut personel bagi Batalyon Infantri Mekanis. Ranpur Ini diawaki oleh 3 kru, yakni komandan, pengemudi dan penembak dan dapat menampung 8 pasukan. Ukuran kendaraan ini memiliki panjang  7,5 meter, lebar 2,67 meter dan tinggi2,1 meter. Ranpur ini berbobot 17,6 ton, namun disertai armor tambahan menjadi 22 ton. Panser Cobra merupakan kendaraan amfibi yang bisa berenang di air yang dapat melaju di air dengan kecepatan 10 km per jam.

 

WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "DAFTAR ALUSISTA BUATAN INDONESIA HASIL TRANSFER TEKNOLOGI"