Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA

1. PT DIRGANTARA INDONESIA (BUMN)

KUMPULAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA

PT DIRGANTARA INDONESIA didirikan pada 26 April 1976 dengan nama awaalnya PT Industri Pesawat Terbang dan Pak Nurtanio(Bapak Perintis Industri Pesawat Indonesia) dan BJ Habibie (Bapak Industri Pesawat Modern Indonesia)sebagai Presiden Direktur. Pada tanggal 11 Oktober 1985 berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dan berubah lagi menjadi PT Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000. Nama bahasa Inggris nya Indonesia Aerospace Inc adalah industri pesawat terbang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. PT Dirgantara Indonesia tidak hanya memproduksi pesawat saja tetapi juga memproduksi helikopter, senjata , jasa pemeliharaan dan menyediakan pelatihan. PT Dirgantara Indonesia berlokasi di Bandung, Provinsi Jawa barat, Indonesia.


2. PT PINDAD (BUMN)

KUMPULAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA
sumber foto : www.pindad.com

Sejarah PT Pindad dahulunya adalah sebuah bengkel peralatan militer yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1808 di Surabaya dengan nama Constructie Winkel (CW). Kemudian bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik senjata dan setelah mengalami perubahan nama pengelola kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923. Pada tahun 1950 Pemerintah Belanda menyerahkan pabrik tersebut yang diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT pindad sekarang ini. Sejak saat itu PT Pindad berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer yang dikelola oleh Angkatan Darat. PT Pindad berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nama PT Pindad (Persero) pada tanggal 29 April 1983, lalu pada tahun 1989 perusahaan ini berada di bawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT Pakarya Industri (Persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero). Tahun 2002 PT BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak itu PT Pindad beralih status menjadi PT Pindad (Persero) yang langsung berada di bawah pembinaan Kementerian. Saat ini PT Pindad tidak hanya mampu memproduksi senjata dan amunisi saja namun telah sanggup memproduksi berbagai kendaraan tempur lapis baja.


3. PT PAL INDONESIA (BUMN)

KUMPULAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA
sumber foto: www.pal.co.id

PT PAL INDONESIA bergerak dibidang industri galangan kapal yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINE ESTABLISHMENT dan didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah mengubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No. 12, yang dibuat oleh Notaris Hadi Moentoro, SH.Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.


4. PT LEN INDUSTRI (BUMN)

KUMPULAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA
sumber foto:www.len.co.id

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1965 adalah perusahaan peralatan elektronik industri milik Pemerintah Indonesia yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat. PT Len Industri saat ini bergerak di bidang industri elektronik. Teknologi yang telah dikembangkan Len memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang disalurkan melaui produk-produk energi terbarukan. LEN juga terus aktif mendukung kedaulatan negara dengan menyediakan produk-produk di bidang pertahanan, transportasi dan ICT (Information & Communication Technology).


5. PT DOK KODJA BAHARI(BUMN)

KUMPULAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA

PT DOK KODJA BAHARIadalah  perusahaan galangan kapal milik Pemerintah Indonesia Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 sebagai gabungan dari 4 perusahaan galangan kapal, yaitu PT Dok & Perkapalan Tanjung Priok (Persero), PT Kodja (Persero), PT Pelita Bahari (Persero) dan PT Dok & Galangan Kapal Nusantara (Persero) yang berkantor pusat di Jakarta. PT DOK KODJA BAHARI juga memiliki cabang yang tersebar di Indonesia, yakni di Sabang, Batam, Palembang, Cirebon, Semarang dan Banjarmasin. Salah satu kapal produksi PT DOK KODJA BAHARI untuk TNI adalah kapal LST Teluk Bintuni.


6. PT DAHANA (BUMN)

KUMPULAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA
sumber foto: www.dahana.id

Awal sejarahnya pada tahun 1966 berdiri sebuah pabrik dinamit (NG based) di lingkungan pangkalan TNI AU Tasikmalaya , Jawa Barat. Sejak 2002, Dahana melakukan reposisi usaha dengan menitikberatkan pada tiga lini usaha yaitu Pemboran dan Peledakan, produksi bahan peledak serta layanan terkait lainnya. PT Dahana juga telah mampu memproduksi bahan bakar roket dan bom untuk pesawat tempur TNI salah satunya yaitu bom P100 dan P250.

dan beberapa perusahaan swasta lainnya

1. PT FAMATEK 

2. PT LUNDIN INDUSTRY INVEST

3. PT SABA WIJAYA PERSADA

4. PT SARI BAHARI

5. PT PALINDO MARINE

6. PT INDO GUARDIKA CIPTA KREASI

7. PT INFOGLOBAL TEKNOLOGI SEMESTA

8. PT GARDA PERSADA

9. PT PERSADA AMAN SENTOSA

10. PT DAYA RADAR UTAMA



WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "6 PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA"