Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 TIPS AGAR MOTOR TIDAK MUDAH RUSAK

4 TIPS AGAR MOTOR TIDAK MUDAH RUSAK
sumber foto : www.pixabay.com


1. TERATUR SERVICE DAN GANTI OLI

Selalu lakukan Service dan ganti oli motor Anda secara teratur agar kondisi motor tetap prima. Rumus untuk penghitungan jadwalnya cukup mudah yaitu berdasarkan jarak km. Ganti oli mesin tiap 2000km , service tiap 4000km dan untuk motor matic oli gardan ganti tiap 8000km. Jika terlambat mengganti oli akibatnya pada mesin akan kekurangan oli karena olinya menguap ketika mesin sedang panas, jika kekurangan oli maka akan meningkatkan gesekan pada mesin dan komponen pada mesin akan terkikis dan mudah rusak. Akibat yang biasa kita temui jika suka terlambat ganti oli yaitu part seher yang rusak itu terlihat ketika motor mengeluarkan asap putih yang tebal lewat knalpot. Jika ingin melakukan service pada motor, Anda harus menyiapkan uang lebih dari biaya service. Misal biaya service 80.000 dan oli 50.000 total 130.000 itu kalau tidak ada part yang harus diganti. Siapkan uang lebih 200-300 ribu bila ingin service motor untuk cadangan bila harus ganti part. Part yang sering ganti ketika service motor biasanya, bearing, kampas rem, busi, roller dan filter udara.

2. GUNAKAN PART ASLI

Untuk menjaga ketahanan motor, selalu gunakan sparepart asli karena kualitasnya sudah terjamin lebih baik. Memang sih harganya lebih mahal namun sebanding dengan kualitasnya dan part asli akan bertahan lebih lama. Sparepart biasa lebih murah namun daya tahannya tak sekuat sparepart asli. Saya sendiri sudah merasakan perbedaannya, sparepart asli kualitas dan daya tahannya lebih baik.

3. BERKENDARA DENGAN SOPAN

Cara berkendara juga mempengaruhi nasib si motor. Berkendaralah dengan sopan karena bila berkendara tidak sopan alias ugal-ugalan pasti beresiko kecelakaan, misalnya berkendara dengan kencang di jalan yang rusak, ada lubang dan polisi tidur main hajar, pasti akan ada banyak part yang akan rusak biasanya sih bearing, komstir, dan segitiganya. Jangan arogan dan anggaplah pengendara lain seperti saudara sendiri karena jika terjadi musibah yang menimpamu di jalan maka yang pertama kali menolongmu di jalan yaitu pengendara lainnya, bukan orang tuamu, saudaramu dan lain-lain.

4. RAJIN DI CUCI

Jangan malas mencuci motor Anda karena tanah adalah biang karat. Bila motor tidak segera di cuci bila sangat kotor maka tanah yang menempel pada besi motor akan mengikis lapisan cat dan menimbulkan karat pada motor. Cuci motor seminggu 2 kali minimal, jika mau irit dari pada cuci di steam bisa cuci sendiri dan alatnya cukup mudah, hanya air, spon dan sabun colek. Rasa mengendarai motor kotor dan bersih pasti beda rasanya. Motor yang bersih terasa lebih nyaman sedangkan kalau kondisinya kotor terasa kaya ada yang rusak dan tidak nyaman.Cucinya juga harus hati-hati karena ada part yang tidak boleh kemasukan air. Untuk motor berantai bersihkan rantai dari kotoran yang menempel, setelah bersih tunggu hingga kering kemudian lumasi rantai dengan oli, bisa dengan oli khusus rantai atau oli mesin biasa yang masih baru, jangan pakai oli bekas.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "4 TIPS AGAR MOTOR TIDAK MUDAH RUSAK"