Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA

1. BELALANG

5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA
sumber foto : sukabumiupdate.com

Sebagian besar orang menilai belalang merupakan hewan liar dan hama tanaman. Penampilannya yang agak menyeramkan membuatnya kurang dijadikan kuliner yang ditujukan untuk menu pada usaha restoran atau lainnya. Tetapi pada sebagian daerah seperti Gunung Kidul, Yogjakarta belalang masih dimanfaatkan menjadi sumber pangan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pangan alternatif seperti belalang terbukti bisa mencegah penduduk dari kekurangan makan dan gizi. Tidak semua belalang cocok untuk dikonsumsi, yang sering dikonsumsi biasanya belalang kayu yang sering di jumpai di pohon jati belalang tersebut memiliki warna kecoklatan.

Seperti yang diungkapkan oleh pakar ilmu gizi dari Institut Peretanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Kalau untuk rasa sih tergantung yang masak, kalau yang sudah terbiasa dan bumbunya cocok pasti enak dan bikin ketagihan.


2. GENDON ATAU ULAT SAGU

5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA
sumber foto : pulsk.com

Masyarakat Jawa biasa menyebut Gendon pada umumnya merupakan ulat atau larva serangga kumbang yang biasanya mendiami batang pohon sagu atau pohon salak. Gendon atau ulat sagu saat ini masih sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua karena disana sangat banyak kebun pohon sagu yang sagunya masih menjadi makanan pokok seperti papeda. Ulat sagu biasanya dimakan langsung tanpa dimasak menggunakan bumbu atau dibakar sebentar saja lalu dimakan.


3. LARON

5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA
sumber foto : ig @santiherandus

Laron pada dasarnya adalah serangga yang berasal dari keluarga rayap yang jenisnya merupakan calon ratu rayap yang keluar sarang untuk mencari tempat baru untuk berkembang biak. Laron biasanya muncul atau keluar dari sarangnya ketika musim hujan dan terbang mendekati dan berkumpul pada lampu yang menyala. Saya sendiri sudah pernah mencicipi masakan dari laron ini, yang masak Ayah saya diolah dengan cara ditumis dengan garam dan bawang merah saja dan cocok dimakan dengan nasi hangat. Tidak semua jenis laron cocok untuk diolah dan dimakan, jenis laron yang cocok yang ukurannya besar dan berwarna hitam, kalau laron yang ukurannya kecil dan sedikit berwarna merah tidak cocok karena sedikit bau.


4. LARVA CAPUNG

5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA
sumber foto : sukabumiupdate.com

Habitat larva capung pada umumnya di persawahaan dan rawa-rawa. Namun masyarakat lebih mudah mendapatkannya di sawah yang baru ditanami padi berumur 1 bulan yang kondisi sawahnya masih banyak airnya. Cara mengolah larva capung  menjadi makanan hampir sama dengan belalang mengingat bentuk dan ukurannya yang mirip hanya waktu masaknya saja yang digoreng tidak selama seperti belalang yang digoreng garing agar kakinya renyah untuk dimakan.


5. KEPOMPONG ULAT JATI

5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA
sumber foto : bloranews.com

Kepompong ulat jati juga bisa dijadikan masakan yang enak. Biasanya masyarakat mencari kepompong ulat jati di tumpukan daun jati yang telah gugur di tanah, kepompong ulat menyembunyikan dirinya dengan cara menggulung daun. Kepompong ulat jati juga bisa menambah pendapatan masyarakat, harga jualnya mencapai Rp 50.000 per kilogram. Kepompong ulat jati biasa diolah dengan cara ditumis pedas gurih.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "5 JENIS SERANGGA YANG SERING DIKONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA"