Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 TIPS SUKSES KERJA SAMBIL KULIAH

4 TIPS SUKSES KERJA SAMBIL KULIAH


Setelah lulus SMA beberapa orang pasti punya keinginan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Bagi anak yang terlahir di ekonomi yang bagus atau anak orang kaya pasti tidak akan masalah soal biaya kuliah dan lainnya semua pasti sudah dipenuhi orang tuanya. Beda hal bila terkendala biaya atau ekonomi orang tua yang pas-pasan hanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Saran saya sih kalau orang tua kurang mampu dan kamu diterima di Kampus Negeri ya kamu fokusin kuliahnya, karena Kampus Negeri itu biayanya murah bahkan ada yang gratis dan biasanya lulusan Kampus Negeri itu lebih bagus dari pada Kampus Swasta dimata Manajemen Perusahaan dan biasanya dapat panggilan kerja terlebih dahulu dibanding lulusan dari Kampus swasta, ya memang sih dalam dunia kerja itu lebih butuh keahlian dari pada Asal kampus. Tapi kalau kondisi ekonomi orang tuamu kurang dan kamu mau masuk Kampus swasta mending tunda dulu kuliahnya dan kamu kerja lebih dulu. Jumlah biaya yang dikeluarkan orang tua untuk kuliah anaknya di Kampus swasta : biaya semester perbulan Rp 700.000 + biaya makan perhari 50.000 perbulan 1.500.000 + sewa kos perbulan 300.000 tergantung kondisi kosnya, Jumlah perbulan total 2.500.000 coba bayangin misal penghasilan orang tuamu perbulan hanya UMR misal 4.000.000 pasti akan terasa berat.

Bila kamu ingin kuliah tapi orang tuamu tidak mampu untuk membiayai jangan patah semangat dulu coba lakukan tips berikut ini.


1. KERJA DULU

Setelah lulus SMA coba kamu melamar kerja diperusahaan yang besar sekelas PT, usahakan perusahaan yang memiliki kontrak kerja yang lama atau bahkan cepat diterima menjadi karyawan tetap tapi sangat sulit memang untuk masuk ke Perusahaan yang seperti itu. 

Pengalaman saya dulu setelah lulus SMA ingin kuliah tetapi pas lihat kondisi orang tua yang ekonominya agak sulit ya jadi kurang fokus kalau tetap diteruskan mengingat biaya kuliah dan biaya oprasional terlalu besar jika semua biaya dimintakan kepada orang tua. Kondisi ekonomi orang tuaku saat itu sedang tidak baik seperti angsuran kredit rumah macet  atau nunggak bertahun-tahun sampai distempel akan dilelang rumahnya dan adik saya juga masih sekolah.

Saya memutuskan untuk mencari pekerjaan dan Alhamdulilah saya di terima diperusahaan pembuat biskuit dan gajinya perbulan UMR dan bersyukurnya lagi banyak lemburan. Setelah diterima bekerja di perusahaan dan dapat penghasilan saya tidak langsung daftar kuliah, saya fokus bekerja dan mengumpulkan dana terlebih dahulu selama 18 bulan. Saya lebih mengutamakan membantu orang tua terlebih dahulu dengan cara memberikan sebagian gaji saya tiap bulan sebesar 1,5-2juta kepada orang tua untuk sedikit membantu membayar lunas rumah yang kreditnya nunggak itu, baru deh setelah rumah lunas dan hampir selesai dibangun depan dan belakang saya mulai berkenginginan untuk kuliah karena beban orang tua saya berkurang setelah rumahnya lunas dan saya lebih tenang dan ringan.


Kalau orang tuamu sudah memiliki rumah sendiri mungkin kamu bisa lebih cepat mulai kuliah setelah mendapat pekerjaan, saran saya sih setelah kamu bekerja sebagai karyawan pabrik atau lain lain kamu jangan langsung daftar kuliah, kamu harus kumpulkan dulu tabungan untuk cadangan,misal biaya kuliah persemester di kampus kamu 4 juta maka kamu harus mengumpulan dana untuk 4 semester atau 16 juta rupiah,takutnya kontrak kerjamu habis kamu tidak akan hawatir bayar kuliah sambil cari pekerjaan lagi.


2. PILIH KAMPUS YANG TEPAT

Pilih Kampus yang sesuai dengan minat kamu dan jangan asal pilih jurusan yang ada nanti tidak singkron antara gelar dan posisi kerja, misal kamu ingin kerja di IT atau Programer tapi kamu malah kuliah jurusan Manajemen pasti ngaco.

Pilih lokasi kampus yang dekat rumah atau dekat dari tempat kerja, jangan sampai lokasi Kampus berada di kota lain nanti kamu akan kelelahan dijalan.

Pilih kampus yang menyediakan kelas Shift alias kamu bisa kuliah pagi juga malam bersyukur kalau kamu kerjanya nonshift jadi bisa kerja siang dan malam kuliah dengan teratur.

Dulu saya ambil kelas shift karena saya bekerja 3 shift senin sampai sabtu setengah hari. Kelas shift lebih rumit karena kamu punya 2 dosen yang berbeda untuk mata kuliah yang sama, teman sekelas juga lebih banyak karena gabung kelas siang dan kelas malam, tugas pun lebih banyak karena memiliki 2 Dosen untuk 1 mata kuliah dan kamu harus kerjakan semua tugasnya dan kamu harus lebih aktif komunikasi dengan teman jika kamu sedang kuliah malam maka kamu harus tanya teman yang kelas siang apakah ada tugas atau tidak begitu pula sebaliknya.


3. JAGA KONDISI TUBUH

Kerja sambil kuliah memang membutuhkan tenaga yang tidak sedikit maka dari itu kita harus disiplin dalam menjaga kesehatan tubuh mulai dari disiplin tidur,makan,ngerjain tugas dan lain-lain. Jangan suka begadang, makan dan minum yang cukup dan juga tambahan vitamin.


4. JANGAN PUNYA PACAR

Walau di kampusmu cantik-cantik dan ganteng-ganteng usahakan jangan tergoda karena mereka dapat merusak konsentrasi belajarmu apalagi kalau putus yang bikin galau berat pasti ga enak.

Dan kalau memang sudah dapat yah saya doakan semoga lulus dan wisuda.



WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk " 4 TIPS SUKSES KERJA SAMBIL KULIAH"