Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 RESIKO PENYAKIT YANG DAPAT MENGANCAM KESEHATAN KURIR ATAU OJOL

8 RESIKO PENYAKIT YANG DAPAT MENGANCAM KESEHATAN KURIR ATAU OJOL


1. AMBEIEN

Ambeien merupakan peradangan yang menyebabkan pembulu darah vena mengalami pembekakan dan biasanya terjadi pendarahan ketika buang air besar. Pada saat buang air besar menekan keluar terlalu keras dan tekstur kotorannya juga keras sehingga menimbulkan luka pada anus. Para Kurir dan Ojek online biasanya duduk di motor dalam jangka waktu yang lama kurang lebih 10 jam sehingga  menyebabkan peredaran darah dibagian Anus tertekan dan menyebabkan pembengkakan. Ada beberapa solusi mencegah dan mengobati Ambeien :

Sering angkat bokong ketika sedang naik motor agar peredaran darah lancar

Minum air putih yang cukup dan makan buah dan sayur agar ketika bab tidak terlalu keras

Ketika sudah mengalami ambeien tetap lakukan hal diatas dan coba disembuhkan cara yang alami yakni dengan makan ikan lele atau gabus karena ikan tersebut terdapat nutrisi yang diperlukan tubuh untuk proses penyembuhan luka.

Bila ambeien tidak kunjung sembuh  atau semakin parah, segera ke Dokter


2. ISPA DAN PARU-PARU

Gangguan pada saluran pernafasan pada Kurir dan Ojek online penyebabnya yaitu tidak disiplin menggunakan masker terlebih lagi pada jalanan berdebu yang dipenuhi truk besar. Jangan menyepelekan menggunakan masker, memang efeknya tidak langsung dirasakan namun untuk jangka panjangnya sangat buruk. Polusi atau debu jalanan akan terakumulasi dan menumpuk dalam Paru-paru dan akan merusaknya. Tidak hanya polusi udara yang merusak Paru-paru tapi juga angin dingin pada malam hari biasa dialami oleh Ojol yang suka ngalong atau onbid dari sore hingga pagi. Dengan memakai jaket saja tidak cukup melindungi bagian dada dari angin malam perlu adanya tambahan pelindung seperti rompi agar dada lebih terlindungi dari angin malam.


3. GINJAL

Gangguan Ginjal juga dialami beberapa driver, penyebabnya yaitu tidak rajin minum air putih atau lupa minum, mungkin efek terlalu gacor orderannya dan terlalu fokus pada ngejar poin. Rekan Ojol saya sendiri juga ada yang mengalami gangguan ginjal ada yang tidak bisa kecing karena tersumbat sampai harus cuci darah tiap seminggu sekali. Tidak hanya kurang minum air putih yang dapat merusak ginjal tapi juga karena minum es sasetan dan minuman energi yang manisnya bukan dari gula murni.


4. PROSTAT

Prostat adalah organ pada laki-laki yang memproduksi sperma yang letaknya dibawah penis dan berjumlah 2 buah. Ganguan pada prostat biasanya karena protat tertekan dan luka karena tergencet saat duduk dimotor. Cara untuk mencegah prostat cidera saat duduk dimotor yaitu dengan memakai celana yang agak longgar, jangan pakai celana yang sempit model jeans dan pensil karena prostat akan sangat tertekan.


5. MAAG

Sakit maag juga mengancam kesehatan driver biasanya karena telat makan. Mungkin karena terlalu semangat onbid dan menyalakan aplikasi namun belum sarapan, pas dapat orderan pasti tidak sempat sarapan. Maka dari itu sebelum nyalakan aplikasi lebih baik sarapan dulu agar maag tidak sakit.


6. SAKIT MATA

Sakit mata biasa dialami pengendara motor biasanya karena tidak suka menutup muka dengan kaca helm atau visor alasannya sih biar adem namun itu justru akan berdampak buruk pada mata. Mata akan terpapar debu dan kotoran secara langsung dan menumpuk dimata yang akan menyebabkan iritasi. Kalau seandainya selalu pakai visor dengan teratur sih mata akan lebih sehat terlebih lagi kalau pakai yang double visor yang agak gelap ada tambahan perlindungan dari cahaya matahari yang berlebihan. Mungkin kalau kelilipan debu biasa pas naik motor masih bisa ditahan namun kalau kelilipan serangga seperti belalang atau tawon pasti sangat sakit.


7. CIDERA TULANG BELAKANG

Cidera tulang belakang juga sering dialami bagi pengendara motor lainnya. Selain karena terlalu lama duduk dimotor tapi juga posisi duduk yang salah yang terlalu membungkuk atau agak miring. Untuk mengurangi atau menyembuhkan cedera tulang belakang karena terlalu lama duduk bisa dengan melakukan pemanasan atau senam ringan di pagi hari ya seperti atlete gitu deh sebelum bertanding. Namun bila cidera tulang belakang karena kecelakaan mungkin beda lagi, itu pasti memerlukan perawatan lebih di Rumah sakit.

8.    COVID-19

Pandemi Covid-19 ini para kurir dan ojol sebagai manusia biasa tak luput dari ancaman tertular Covid, namun semua kehidupan dan perekonomian harus tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Saat ini semua aplikator sudah menerapkan sistem kerja tanpa kontak dan para driver selalu memakai masker.


Note : Penyakit yang menular yakni sakit Paru-paru dan Covid-19


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk " 8 RESIKO PENYAKIT YANG DAPAT MENGANCAM KESEHATAN KURIR ATAU OJOL"