Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM



4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM
Sumber foto : https://budidaya.terlanjurbasah.net/2017/11/akuarium-kecil.html



Apakah Anda ingin memelihara ikan di aquarium namun suatu saat ikan tersebut bisa di masak? Dari pada pelihara ikan bagus,mahal tapi tidak bisa dimakan dan tidak ada manfaat. Coba deh berikut daftar ikan yang cocok untuk aquarium namun suatu saat ikan tersebut bisa dimasak. Memang sih ikan konsumsi biasanya ukurannya agak besar dan kalau di taro di aquarium jumlah ikannya tidak bisa terlalu banyak. Untuk ukuran aquarium ukuran panjang 100cm dan lebar 50cm kapsitas ikannya bila sudah siap konsumsi berisi 2 sampai 3 kg ikan. Setelah dimasak aquarium bisa dimasukin bibit ikan baru lagi. Sangat efektif untuk hiasan rumah namun tetap produktif. Ikannya pun juga harus mudah perawatan dan pakannya. Yang paling gampang jenis ikan air tawar dan pakannya cukup pelet,kadang cacing dan lumut. Jangan pilih ikan predator biasanya biaya pakannya mahal karena harus pakan hidup seperti ikan mas kecil. Pilih ikan yang mudah pakannya, beli bibit ikannya juga murah yaitu

1. WADER/TAWES/NILEM

4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM
Sumber foto : https://www.grfood.xyz/2018/02/umpan-ikan-wader.html



Bentuk ikannya cantik dengan warna orange di siripnya, ukurannya juga pas buat aquarium, aquarium bisa di isi 10 sampai 20 ikan wader. Pakannya juga bisa pakai pelet. Biasa dimasak digoreng kering.



2. GURAME

4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM
Sumber foto : https://paspelopor-news.com/agrofarm/tips-agar-ikan-menjadi-berkualitas-dan-cara-budidaya-ikan-gurame/



Ukuran ikan lumayan besar, tidak rewel atau tidak mudah ngamuk dalam aquarium. Pakannya bisa pakai pelet atau kalau ada jagung rebus dan daun santhe yang mirip daun talas kalus sudah besar. Aquarium bisa di isi 2 sampai 3 ekor. Ikan bisa dimasak goreng atau di gulai.

3. BAWAL

4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM
Sumber foto : https://www.dictio.id/t/apa-perbedaan-antara-ikan-bawal-laut-dan-ikan-bawal-air-tawar/52567

Ikan bawal yang masih saudara dengan ikan piranha namun ikan bawal bisa di bilang omnivora dan tidak se agresif piranha. Wananya juga lumayan cantik dengan warna merah di perut dan siripnya. Aquarium bisa diisi 10 sampai 15 ekor. Pakannya cukup pelet saja. Ikan bawal biasa diolah di goreng atau dibakar.



4. IKAN MAS

4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM
Sumber foto : https://www.idntimes.com/health/fitness/tresna-nur-andini/5-manfaat-baik-yang-terkandung-di-dalam-ikan-mas-exp-c1c2



Menurut saya ikan mas bentuk dan warnanya bisa dibilang biasa aja menurut saya. Tapi kalau tujuannya bisa untuk dikonsumsi tidak salah juga kalu di pelihara di aquarium. Lagi pula pakannya juga mudah dan rasanya enak ,bisa di olah menjadi berbagai masakan. Di aquarium bisa di isi 3 sampai 5 ekor.

Tidak semua ikan konsumsi cocok tinggal di aquarium. Ada beberapa pertimbangan pemilihan ikan.

- Sifat ikan

- Warna dan bentuk ikan

Contoh ikan konsumsi yang tidak cocok dipelihara di aquarium

1. Lele

Sifatnya agresif ingin lompat dan kabur dari aquarium, suka berantem dengan ikan lain jadi sering di temukan luka jika di isi lebih dari 1 ekor. Warnanya juga kurang bagus dan bentuk ikan yang berkumis kurang indah dipandang.

2. Patin

Sifatnya atau cara berenangnya bagus seperti ikan hiu, namun ikan tersebut tipe ikan tidak bisa berhenti berenang dan terus menabrak kaca aquarium dan mulut mereka sering terluka.



Sebenarnya masih banyak ikan yang cocok di aquarium seperti gabus, oscar, namun biaya pakannya yang mahal karena pakai pakan hidup.



Semoga bermanfaat , pelihara ikan konsumsi di aquarium, hati senang perut kenyang.
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "4 JENIS IKAN KONSUMSI YANG COCOK DI AQUARIUM"