Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA

10 negara produsen jet tempur di dunia, Indonesia juga ikut mengembangkan.

 1. AMERIKA SERIKAT

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
F22 dan F35/sumber foto : The EurAsian Times

Menyandang sebagai peringkat pertama militer terkuat didunia tentunya Amerika Serikat memiliki mesin perang yang canggih dan jumlahnya juga banyak. Menurut data www.globalfirepower.com, Amerika Serikat mempunyai jet tempur sebanyak 1956 unit. Di Amerika Serikat terdapat 3 perusahaan yang terkenal membuat jet tempur yakni Lockheed Martin, Boeing dan Northrop Grumman. Jet  tempur yang paling laris di dunia yakni F-16 buatan Lockheed Martin yang telah diproduksi lebih dari 4000 unit yang digunakan banyak negara. Sekarang jet tempur terbaru dan banjir orderan yakni F-35 yang mempunyai kemampuan siluman atau keberadaanya sulit di deteksi radar namun jet tempur Amerika yang tercanggih adalah F-22 Raptor yang di produksi spesial hanya untuk angkatan udara Amerika Serikat saja dan tidak diperbolehkan untuk eksport.


2. RUSIA

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
SU-35/sumber foto : www.flightzona.com

Rusia memang rival Amerika Serikat sejak perang dingin era UniSoviet yang terus berseteru menciptakan senjata yang canggih. Ada 2 perusahaan jet tempur di Rusia yakni Sukhoi Corporation dan Mikoyan atau MiG. Menurut data www.globalfirepower.com Rusia memiliki jet tempur sebanyak 789 unit. Yang terbaru yaitu perusahaan Sukhoi yang meluncurkan jet tempur terbarunya yakni SU-75 Checkmate yang bermesin tunggal berkemampuan siluman dan lincah di udara.


3. CHINA

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
J-20/sumber foto : www.wallalphacoders.com

Saat ini China menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia yang menurut perkiraan 30 tahun lagi akan melampaui kemampuan militer Amerika Serikat. Salah satu perusahaan pembuat jet tempur di China yakni Shenyang Aircraft Co. Ltd. , yang memproduksi jet tempur tipe J-10, J-11, J-15 dan yang terbaru J-20. Menurut data di situs www.globalfirepower.com China mempunyai 1200 unit jet tempur dan sebagian dibeli dari Rusia.


4. PERANCIS

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
Dassault Rafale/sumber foto : DNA India

Jet tempur terlaris kedua setelah F-35 tahun ini adalah Dassault Rafale dari Perancis. Jet tempur sayap delta ini berkemampuan beragam misi dan super manuver. Memang canggih namun harganya juga mahal, hanya beberapa negara yang mampu membelinya. Menurut data di situs www.globalfirepower.com Perancis memiliki jet tempur sebanyak 269 unit.


5. INGGRIS

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
Eurofighter Typoon/sumber foto : www.baesystem.com

Salah satu perusahaan pembuat jet tempur di Inggris adalah BAE System yang menghasilkan produk jet tempur Hawk. Inggris juga bekerja sama dengan negara Jerman, Spanyol dan Italia dengan perusahaan Konsorsium BAE System, Airbus dan Leonardo untuk memproduksi jet tempur Eurofigther Typoon. Menurut data situs www.globalfirepower.com Inggris memiliki jet tempur sebanyak 119 unit.


6. SWEDIA

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
JAS 39 Grippen/sumber foto : www.saab.com

Swedia tidak hanya terkenal pembuat mesin bus dan truk tapi juga jet tempur. Salah satu jet tempur buatan Swedia yakni JAS 39 Gripen yang diproduksi oleh perusahaan SAAB. JAS 39 Gripen bermesin tunggal yang membuatnya memiliki harga yang murah untuk unit dan perawatannya dan mampu lepas landas dan mendarat di jalan raya. Menurut data www.globalfirepower.com negara Swedia memiliki jet tempur sebanyak 71 unit.


7. JERMAN

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
Panavia Tornado/sumber foto : www.militaryanalizer.com

Negara Jerman memang terkenal sebagai penemu mesin canggih salah satunya jet tempur Arado Ar 234 yang terbang perdana tahun 1943 yang juga telah diproduksi masal pada Perang Dunia II. Salah satu yang terkenal adalah jet tempur Panavia Tornado yang dikembangkan era Jerman Barat bersama Inggris dan Italia.


8. INDIA

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
HAL Tejas/sumber foto : www.wikipedia.com

Negara India yang rangking jumlah penduduknya nomor 2 setelah China juga ikut dalam menciptakan jet tempur buatan dalam negeri salah satunya adalah jet tempur Tejas yang diproduksi oleh perusahaan HAL (Hindustan Aeronautics Limited). Menurut data www.globalfirepower.com negara India memiliki jet tempur sebanyak 542 unit dan sebagian buatan Rusia dan Perancis.


9. JEPANG

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
Mitsubishi F-2/sumber foto : www.wikipedia.com

Negara maju seperti Jepang juga tak mau kalah dengan membuat sendiri jet tempurnya dengan cara lisenci desain F-16 dari Lockheed Martin kepada Mitsubishi Heavy Industries yang dibuat hanya untuk Angkatan Udara Jepang dan jet tempurnya adalah F-2. Desain luarnya memang sama namun ada perbedaan pada bagian avionik radar dan senjata. Jet tempur F-2 telah di produksi sebanyak 98 unit termasuk 4 prototype. Menurut data www.globalfirepower.com negara Jepang memiliki jet tempur sebanyak 256 unit.


10. KOREA SELATAN

10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA
KF-21 Boramae/sumber foto : KBS/YONHAP News

Jet tempur pertama buatan Korea Selatan adalah T/FA-50 Golden Eagle yang dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries yang dibantu oleh Lockheed Martin dari Amerika Serikat yang terbang perdana tahun 2002. Jet tempur T/FA-50 Golden Eagle telah diproduksi lebih dari 100 unit. Menurut data di situs www.globalfirepower.com Korea Selatan memiliki 256 unit jet tempur. Saat ini Korea Selatan dan Indonesia bekerja sama mengembangkan jet tempur K-21 Boramae yang progres prototype pesawat tersebut akan diuji terbang pada tahun 2022.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk " 10 NEGARA PRODUSEN JET TEMPUR DI DUNIA"