Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KF21 PESAWAT TEMPUR BUATAN KOREA SELATAN DAN INDONESIA

KF21 PESAWAT TEMPUR BUATAN KOREA SELATAN DAN INDONESIA
KF21 Boramae/sumber foto : Korea Aerospace Industries

KF21 merupakan pesawat tempur generasi 4.5 yang dikembangkan oleh negara Korea Selatan dan Indonesia. Proyek patungan pesawat tempur ini bernilai 8,5 triliun Won dimana Korea Selatan menanggung 80% biaya sedangkan Indonesia 20%. Pesawat ini diharapkan mempunyai kemampuan yang dapat melampaui jet tempur Rafale dan Typhoon namun tidak melebihi kemampuan F-35. 

Perkembangan proyek jet tempur KF-21 kini sedang tahap penyesuaian desain kokpit dimana beberapa Pilot dari Angkatan Udara Korea Selatan dan Pilot TNI Angkatan Udara mencoba desain Kokpit saat ini dan memberi tanggapan mereka untuk proses pengembangan lebih lanjut. Ditargetkan pesawat ini akan uji terbang perdana pada bulan Juli 2022 dan tahap produksi masal pada tahun 2025. KF-21 akan dilengkapi senjata yang canggih yakni :

Meriam buatan General Dynamics dari Amerika Serikat, M61A2 20mm gatling gun berkapasitas 400 butir peluru.

Terdapat 10 cantolan rudal yang bisa untuk target udara ke udara atau udara ke darat. Rudal udara ke udara yang dapat dipasang salah satunya MBDA Meteor, rudal tersebut memiliki jangkauan yang jauh di atas 100km. Juga ada bom pintar untuk target darat yakni Taurus, bom ini dibuat oleh Taurus System dari Jerman daya jangkaunya 500km.

Untuk pengembangan selanjutnya KF-21 akan mempunyai kemampuan stealth atau siluman yang membuat pesawat sulit dideteksi oleh radar.

Kaori-X yaitu sebuah drone loyal wingman yang bisa diperuntukan melindungi KF21 dari rudal musuh atau juga untuk menyerang dengan sistem kamikaze. KF-21 ditargetkan dapat membawa 3 unit Kaori- X. Kaori-x berkemampuan stealth dan membawa rudal dalam tubuhnya.

Korea Selatan akan menerima KF-21 sekitar 120 unit sedangkan Indonesia akan menerima sekitar 48 unit. Bergabungnya Indonesia dalam proyek KF-21, Indonesia juga mendapatkan sebagian tehnologi pembuatan jet tempur ini. Tehnologi yang penting namun Indonesia tidak mendapatkannya yakni tehnologi radar AESA, Rudal dan mesin, karena memang tidak boleh dari pemilik asalnya yaitu Amerika Serikat.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk " KF21 PESAWAT TEMPUR BUATAN KOREA SELATAN DAN INDONESIA"