Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA

Bagi yang belum tau hewan salamander itu hewan seperti apa. Salamander itu adalah hewan berjenis amfibi yang mempunyai kemampuan bisa hidup didarat dan air. Bentuknya seperti kadal mempunyai 4 kaki dan ekor. Siklus hidup mereka seperti kodok, ketika menetas mereka hidup di air dan bernafas dengan insang seperti kecebong dan setelah dewasa bermetamorfosis bernafas dengan paru-paru seperti kodok namun bentuknya kadal. Mereka memangsa ikan kecil, udang, serangga air terkadang jika persediaan makanan sedang sedikit mereka akan melakukan kanibal atau memakan dari jenis mereka sendiri. Para ilmuan berpendapat salamander merupakan cikal bakal species reptil seperti kadal dan ular. Ada beberapa jenis salamander di dunia diantaranya :

1. RED SALAMANDER

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA
sumber foto : alchetron.com

Jenis ini sudah sangat langka dan hampir punah mungkin karena warnanya yang cantik dan rusaknya habitat mereka di Indiana, Amerika Serikat.

2. JAPANESE GIANT SALAMANDER

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA

Sesuai dengan namanya berasal dari negara Jepang menjadi salah satu hewan salamander terbesar didunia bersama saudara jauhnya CHINESE GIANT SALAMANDER dari China. Salamander besar dari Jepang ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 1,5 meter dan berat 25 kg. Kulitnya yang berbintik coklat dan hitam memudahkan mereka berkamuflase di sungai dan hutan.


3. TIGER SALAMANDER

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA
sumber foto : Joe Farah/ Shutterstock


Salamander ini berasal dari Amerika Utara hewan ini mempunyai corak loreng hitam, kuning dan hijau. Hewan ini bisa tumbuh hingga 15-25 cm hewan ini memangsa serangga, cacing dan katak. Selain itu salamander ini juga banyak di ternakan di Amerika Serikat.


4. FIRE SALAMANDER

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA
sumber foto : pixabay.com

Habitat utama salamander ini berada dipegunungan di Eropa Tengah dan Selatan. Warnanya mirip dengan Tiger Salamander namun dia memiliki corak totol kuning dan mampu hidup hingga ukuran 15-20 cm.

5. AXOLOTL SALAMANDER

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA
sumber foto : pixabay.com

Axolotl merupakan salamander yang berasal dari negara Meksiko. Salamander ini berbeda dengan yang lain, biasanya salamander akan bermetamorfosis ketika habitat air mereka kering dan salamander berubah menjadi bentuk kadal, Axolotl tidak mampu bermetamorfosis mungkin karena mereka tinggal di area yang banyak air sepanjang tahun seperti danau jadi mereka sudah terlalu lama tidak berubah jadi hilang deh kemampuannya.


6. OLM SALAMANDER

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA
sumber foto : flickr.com

Salamander bernama Olm ini tinggal di Eropa Selatan seperti Italia, Kroasia dan Bosnia. Dia biasa di temukan di dalam Goa yang terendam air dan kondisi yang gelap membuatnya tidak memiliki mata, dia mendeteksi mangsanya dengan indra penciuman dan sensor gerak pada tubuhnya. Dia nasibnya sama dengan Axolotl yaitu tidak bisa metamorfosis.


7. CALIFORNIA NEWT

7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA
sumber foto : eastbaytimes.com

Salamander ini hidup di area hutan pesisir Siera Nevada. Dia mampu tumbuh hingga 13-20 cm dan dia memiliki racun jadi jangan dimakan ya atau setelah menyentuhnya segera cucu tangan.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk " 7 JENIS HEWAN SALAMANDER DI DUNIA"