Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPESIFIKASI JET TEMPUR RAFALE TNI ANGKATAN UDARA

SPESIFIKASI JET TEMPUR RAFALE TNI ANGKATAN UDARA
sumber foto : Anthony Pecchi@ dassault-aviation.com


Jet tempur Rafale dikembangkan oleh perusahaan Dassault Aviation dari negara Perancis. Program jet tempur Rafale ini dimulai dengan prototipe Rafale A yang terbang perdana pada tanggal 4 Juli 1986. Program ini menetapkan desain dasar aerodinamis dan konfigurasi sayap delta, kinerja, sistem kontrol FBW dan struktur berbasis komposit. 

Rafale memiliki beberapa sistem avionik terbaru termasuk radar multi-mode RBE2 (yang pertama di Eropa dengan pemindaian elektronik dua pesawat), helm pilot canggih dengan penglihatan dan tampilan, sistem penanggulangan Spectra dan OSF - pengawasan optronik pasif anti jaming dan sistem pencitraan dengan pengintai laser.

Ada 2 versi jet tempur Rafale, ada yang untuk basis darat dan untuk basis kapal induk. Untuk versi kapal induk disebut Rafale M. Aeronavale akan memperoleh pesawat pencegat Rafale M satu kursi dan pesawat serang untuk operasi dari kapal induk Charles de Gaulle. Ini mirip dengan rekan-rekan berbasis darat tetapi terdapat fitur tambahan seperti penguatan utama dari roda pendarat, ditambah jump-strut yang memungkinkan rotasi unstick otomatis. 

Jet tempur Rafale juga telah banyak diupgrade mulai dari versi F1 dioptimalkan untuk peran udara-ke-udara tetapi tidak memiliki kemampuan ASMP, OSF dan Spectra; F2 dengan kemampuan udara-ke-permukaan yang ditingkatkan (termasuk dispenser SCALP SOM) dan Rafale F3 definitif dengan radar yang ditingkatkan. Turbofan M88-3 20 907-lb st (93.00-kN) akan menjadi standar nantinya dalam program ini. Tonggak sejarah ditandai dengan penerbangan pertama prototipe Rafale C pada Mei 1991 dan Rafale M pada Desember 1991, dan Rafale B pada April 1993. Rafale M adalah varian operasional Rafale pertama, yang mulai beroperasi pada 2001. Armee de l 'Air menerima Rafales dengan spesifikasi F1 pada tahun 2002.

Berikut senjata yang dapat dipasang pada jet tempur Rafale :

  • Rudal MICA, yakni rudal dari udara ke udara yang berkemampuan “Beyond Visual Range” BVR
  • Rudal METEOR, yakni rudal udara ke udara yang jangkauannya lebih jauh.
  • HAMMER, bom pintar udara ke darat yang dapat dipandu dengan GPS dan laser guide.
  • SCALP atau STORM SHADOW, yaitu rudal jelajah udara ke darat dengan jangaukan jauh yang biasa digunakan untuk menghancurkan bungker musuh.
  • AM39 EXOCET, yakni rudal untuk menghancurkan kapal perang musuh.
  • Laser guided bom
  • Classic bom 
  • NEXTER 30M791 30mm, internal canon 
  • Dan dapat memungkinkan dipasang senjata lain sesuai permintaan pembeli

Indonesia sendiri telah memesan sebanyak 42 unit jet tempur Rafale versi F3 dari Perancis yang ditandai dengan pembelian batch pertama sebanyak 6 unit. Jet tempur ini juga mempunyai radar canggih yang dapat mendeteksi keberadaan musuh yang sangat jauh BVR (Beyond Visual Range). Nilai kontrak pembelian 42 jet tempur Rafale diperkirakan mencapai US$ 8,1 miliar atau sekitar Rp 116 triliun. Harga 1 unit jet tempur Rafale sekitar US$ 87 juta atau Rp 1,2 triliun.


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "SPESIFIKASI JET TEMPUR RAFALE TNI ANGKATAN UDARA"