Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA

9 jenis harimau yang ada di dunia, 3 diantaranya telah punah akibat pemburuan yakni Harimau Jawa, Bali, Kaspia dan 6 jenis sisanya terancam punah.

1. HARIMAU SIBERIA ATAU AMUR (PANTHERA TIGRIS ALTAICA)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA
sumber foto : instagram@ amurtigercenter

Harimau Siberia adalah jenis harimau yang memiliki ukuran yang terbesar. Berat Harimau Siberia jantan sekitar 180-306 kg sedangkan yang betina 100-167 kg. Panjang tubuh Harimau Siberia bisa mencapai 330 cm hingga ekor untuk yang jantan, sedangkan yang betina 300cm hingga ekor. Persebaran habitat Harimau Siberia mulai dari wilayah Rusia bagian Siberia, Rusia Timur , Korea Utara dan China bagian utara.

2. HARIMAU BENGGALA (PANTHERA TIGRIS TIGRIS)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA
sumber foto : instagram@ indianlocation

Harimau Benggala hidup di India dan kadang-kadang disebut harimau India. Mereka adalah harimau yang paling umum dan jumlahnya sekitar setengah dari semua harimau liar di dunia. Selama berabad-abad mereka telah menjadi bagian penting dari tradisi dan pengetahuan India. Berat Harimau Bengal 200-260kg yang jantan dan yang betina 100-160kg sedangkan panjang Harimau Bengal jantan 270cm-310cm dan yang betina 240cm-260cm. Habitat Harimau Bengal tersebar dihutan lebat dan rawa-rawa di India, Bangladesh, Bhutan dan Nepal.

3. HARIMAU CINA SELATAN (PANTHERA TIGRIS AMOYENSIS)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA
sumber foto : instagram@ save_south_china_tiger

Harimau Tiongkok Selatan atau Harimau China Selatan adalah subspesies harimau yang berasal dari hutan Tiongkok Selatan. Harimau tiongkok selatan merupakan spesies paling kritis dari semua subspesies harimau. Ahli menyatakan bahwa kini hanya tersisa kurang dari 20 harimau, dan dapat punah pada dekade berikutnya. Pada November 2007, seekor harimau tiongkok selatan lahir di sebuah cagar di Afrika Selatan, menjadikannya harimau tiongkok selatan pertama yang lahir di luar Tiongkok. Harimau tiongkok selatan telah dimasukan kedalam daftar 10 spesies paling terancam di dunia. Habitat Harimau China selatan berada di dekat perbatasan Vietnam.

4. HARIMAU INDOCINA (PANTHERA TIGRIS CORBETI)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA
sumber foto : instagram@ my_thailand_sun

Harimau Indocina adalah salah satu subspecies harimau yang habitatnya berada di negara Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam. Nah sejak tahun 2017 harimau malaya dimasukan ke subspecies Harimau Indocina.

5. HARIMAU MALAYA (PANTHERA TIGRIS JACKSONI)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA
sumber foto : instagram@ chrispiw93

Harimau malaya adalah populasi harimau Panthera tigris tigris yang berasal dari Semenanjung Malaysia. Dulu harimau ini mempunyai nama Ilmiah Panthera Tigris Jacksoni yang di ambil dari penemu pertama asal Britania raya.  Populasi harimau ini mendiami bagian selatan dan tengah Semenanjung Malaya dan diklasifikasikan sebagai terancam kritis oleh Daftar Merah IUCN sejak tahun 2015. Per April 2014, jumlah populasi ini diperkirakan mencapai 80–120 ekor dewasa dan jumlah tersebut kian berkurang seiring berjalannya waktu.

Sejak tahun 2017, IUCN menggolongkan P. t. jacksoni dan subspesies harimau lainnya di daratan Asia sebagai populasi Panthera tigris tigris.

6. HARIMAU SUMATRA (PANTHERA TIGRIS SUMATRAE)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA
sumber foto : instagram@ tiger_sumatra

Harimau sumatra merupakan harimau yang memiliki ukuran terkecil. Harimau sumatra mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya, pola hitamnya berukuran lebar dan jaraknya rapat dan juga berhimpitan. Harimau sumatra jantan dewasa memiliki panjang rata-rata 92 inci dari kepala ke kaki atau sekitar 250 cm panjang dari kepala hingga kaki dengan berat 300 pound atau sekitar 140 kg, sedangkan tinggi dari jantan dapat mencapai 60 cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci atau sekitar 198 cm dan berat 200 pound atau sekitar 91 kg. Belang harimau sumatra lebih tipis daripada subspesies harimau lain. Warna kulit harimau sumatra merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga jingga tua. Subspesies ini juga punya lebih banyak janggut serta surai dibandingkan subspesies lain, terutama harimau jantan. Ukurannya yang kecil memudahkannya menjelajahi rimba. Terdapat selaput di sela-sela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang cepat. Harimau ini diketahui menyudutkan mangsanya ke air, terutama bila binatang buruan tersebut lambat berenang. Bulunya berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.

Harimau sumatra adalah populasi yang mendiami pulau Sumatra, Indonesia dan satu-satunya anggota subspesies harimau sunda yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Ia termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Populasi liar diperkirakan antara 400-500 ekor, terutama hidup di Pegunungan Bukit Barisan jama sejarah taman-taman nasional di Sumatra jaman pra-sejarah. Uji genetik mutakhir telah mengungkapkan tanda-tanda genetik yang unik, yang menandakan bahwa subspesies ini mungkin berkembang menjadi spesies terpisah, bila berhasil lestari. 

7. HARIMAU JAWA (PANTHERA TIGRIS SONDAICA)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA

Harimau Jawa memiliki ciri-ciri hampir sama dengan Harimau Sumatra yang berukuran lebih kecil. Pada awal abad ke-19, harimau ini masih banyak berkeliaran di Pulau Jawa. Pada tahun 1940-an, harimau jawa hanya ditemukan di hutan-hutan terpencil. Ada usaha-usaha untuk menyelamatkan harimau ini dengan membuka beberapa taman nasional. Namun, ukuran taman ini terlalu kecil dan mangsa harimau terlalu sedikit. Pada tahun 1950-an, ketika populasi harimau jawa hanya tinggal 25 ekor, kira-kira 13 ekor berada di Taman Nasional Ujung Kulon. Sepuluh tahun kemudian angka ini kian menyusut. Pada tahun 1972, hanya ada sekitar 7 harimau yang tinggal di Taman Nasional Meru Betiri.

Harimau ini telah dinyatakan punah di sekitar tahun 1980-an, akibat perburuan dan perkembangan lahan pertanian yang mengurangi habitat binatang ini secara drastis.

8. HARIMAU BALI (PANTHERA TIGRIS SONDAICA)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA

Harimau Bali adalah salah satu species harimau yang ada di Indonesia bersama dengan Harimau Jawa yang telah punah dan Harimau Sumatra yang hampir punah. Sesuai dengan namanya harimau ini dulu berhabitat di Pulau Bali. Dulu spesies ini dianggap species yang berbeda namun pada tahun 2017 Satuan Tugas Klasifikasi Kucing dari Cat Specialist Group merevisi taksonomi kucing sehingga populasi harimau yang hidup dan punah di Indonesia sekarang digolongkan sebagai Panthera  Tigris  Sondaica.

9. HARIMAU KASPIA ATAU PERSIA (PANTHERA TIGRIS VIRGATA)

9 JENIS HARIMAU DI DUNIA

Harimau Kaspia telah dianggap punah pada tahun 1950. Habitat harimau ini berada di negara Iran, Irak, Afganistan, Turki, Mongolia, Kazakstan, Kaukasus, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.




WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "9 JENIS HARIMAU DI DUNIA"