Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGAIMANA CARA MENCEGAH TERJADINYA RESESI

 

BAGAIMANA CARA MENCEGAH TERJADINYA RESESI

Akhir-akhir ini banyak ekonom yang membahas tentang ancaman resesi dan bagaimana cara menghadapi resesi pada tahun 2023 namun tidak membahas bagaimana cara mencegah terjadinya resesi.

Dari beberapa definisi resesi dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk terlihat dari Produk Domestic Bruto yang negatif, penganguran meningkat, pertumbuhan ekonomi Rill bernilai negatif selama dua kuartal dalam satu tahun. Lalu apa penyebab utamanya ?

1. ORANG YANG TERMASUK TERGOLONG BERPENGHASILAN TINGGI ATAU ORANG KAYA, MENGURANGI ATAU MENIMBUN HARTA KEKAYAAN UANGNYA YANG SEBELUMNYA SEBAGIAN UANGNYA DIGUNAKAN UNTUK BERBELANJA, MAKAN DI RESTORAN, TRAVELING DAN LAIN LAIN SEKARANG LEBIH MEMILIH BERDIAM DIRI DI RUMAH SEHINGGA PEREKONOMIAN TIDAK BERPUTAR DAN UANG TERTIMBUN DI RUMAHNYA SENDIRI DAN REKENING BANKNYA MENINGKAT PADAHAL PENDAPATANNYA MENINGKAT, TETAP ATAU BERKURANG SEDIKIT. 

Sehingga tempat yang biasa ia kunjungi dulu toko, restaurant, tempat rekreasi tidak mendapatkan pendapatan dan bangkrut. Padahal tempat usaha toko, restoran, tempat wisata perlu mendapatkan pendapatan untuk oprasional dan menggaji karyawannya, ketika karyawan mendapatkan gaji maka sebagian uangnya pun akan digunakan untuk keperluannya ke anak istri, belanja kebutuhan ditoko sembako dan sayur dan lain lain. Jika tempat usaha toko, restaurant dan tempat wisata bangkrut maka akan ada yang ikut bangkrut sampai hulu seperti karyawan- sekolah-pedagang-petani. 


Jadi orang yang tergolong kaya lah yang menetukan dan mencegah terjadinya resesi. 

Golongan orang kaya,menengah, miskin menurut saya pribadi yaitu :

Golongan miskin : pendapatan kurang dari UMR misal kurang dari 3juta/bulan

Golongan menengah : diatas UMR dan kurang dari 8 juta/bulan

Golongan kaya : pendapatan diatas 8 juta/bulan


2. PANDEMI COVID-19

Pandemi covid-19 memang mengubah cara gaya hidup seluruh manusia di seluruh dunia yang sebelumnya normal kini harus menjaga jarak yang menyebabkan lesunya perekonomian. Hingga artikel ini dibuat 12 November 2022 covid-19 sudah 3 tahun menurut saya seluruh manusia di dunia ini sudah 100% pernah terinfeksi covid-19, ada yang selamat dan ada yang meninggal. Berkaca dari kemampuan antibody manusia yang pernah terinveksi virus campak, maka manusia itu akan kebal dari virus campak bila masuk kembali ke tubuhnya. Contoh : ada sebuah keluarga, Ayah istri dengan anaknya yang berusia 2 tahun. Suatu hari anak tersebut sakit demam dan muncul bintik merah dibadannya. Virus campak sangat menular bisa lewat udara, namun kalian pasti heran kenapa Ayah dan Ibunya tidak ikut terinfeksi virus campak? Jawabannya adalah virus campak kemungkinan juga telah masuk ke tubuh Ayah dan Ibunya namun mereka telah kebal karena mereka sudah pernah terinfeksi visrus campak ketika mereka kecil dulu. Sistem kekebalan tubuh manusia atau antibodi dapat mengingat dan mengenali virus apa saja yang pernah menyerang tubuh mereka, jadi antibodi akan segera membunuh virus sebelum virus tersebut menginfeksi. 

Hidup harus terus berjalan normal, virus covid-19 tidak bisa hilang atau dihilangkan karena virus memiliki ukuran yang sangat kecil dan lebih banyak dibandingkan nyamuk. Nyamuk yang bisa dilihat saja tidak ada negara manapun yang bisa menghilangkannya apalagi virus yang lebih kecil. Kita ambil pahitnya saja, mau tidak mau semua orang harus terkena covid-19 kemudian sembuh sehingga akan kebal terhadap covid-19. Bersumber dari kompas.com 5 Februari 2022 tercatat sudah ada 43 negara yang tidak mewajibkan memakai masker di tempat umum.Jadi menurut saya anjuran memakai masker ditempat umum saat ini seharusnya sudah tidak berlaku agar kegiatan masyarakat dan perekonomian kembali normal.


HAL YANG SALAH DILAKUKAN UNTUK MENCEGAH RESESI

Menimbun harta bagi orang kaya, percayalah kamu akan menyesal bila itu kamu lakukan. Bayangkan saja misal kamu timbun uangmu di rumah atau di bank yang seharusnya kamu pakai untuk transaksi kebutuhanmu ke toko, restaurant, tempat wisata kemudian mereka bangkrut laluketika resesi terjadi uangmu untuk apa? Uangmu dan tabunganmu dibank misal 50 milyar itu tidak bisa di gunakan. Efek buruk yang lebih parah adalah terjadi kerusuhan, rumah mewah, mobil dan lainnya milikmu akan di hancurkan oleh perusuh. Mau telpon polisi atau tentara hahaha mereka tidak akan perduli karena negara tidak bisa menggaji mereka. Negara dapat uang dari pajak namun karena banyak perusahaan bangkrut karena kamu nimbun harta jadi negara tidak dapat uang dari pajak.

Berhutang dari kartu kredit, pinjaman online. Ketika resesi yang pernah melanda Amerika Serikat di akibatkan oleh warganya yang kecanduan memakai kartu kredit namun melebihi dari pendapatannya sehingga susah bayar. Hal yang pertama dilakukan Presiden Amerika saat itu adalah menggunting kartu kredit.


HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENCEGAH RESESI

Di wajibkan bagi orang kaya untuk tidak menimbun harta

Berkegiatan normal seperti sebelum pandemi tidak wajib pakai masker

Jajan ke toko, restauran favoritmu 

Berwisata ke pantai, waterboom, gunung, bioskop, nonton konser , nonton di stadion dan lain lain. Yuk traveling cari armadanya di agenperjalanan.com aja.

Belanja produk dalam negeri


Indonesia merupakan negara besar dan kuat yang mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang banyak yang bisa memperkuat atau kebal dari resesi. Kalau resesi yang di alami negara negara di Eropa seperti Inggris dan Prancis itu sih udah biasa mereka resesi karena tidak punya bekal yang kuat seperti Sumber Daya Alam mereka sedikit, itulah alasan kenapa mereka menjadi negara penjajah. Kita Indonesia pasti kuat. 


PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
WIWIT WIHANDOKO GUMILAR Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Posting Komentar untuk "BAGAIMANA CARA MENCEGAH TERJADINYA RESESI "